KECERIAAN

GBR02011 1 KECERIAANAdakah di antara kita yang masih memiliki keceriaan seorang anak kecil? Keceriaan seorang bocah yang dengan polos tersenyum lepas, tanpa beban, tanpa prasangka, tulus mengalir begitu saja seolah memancarkan keceriaan itu ke siapa saja yang ada di dekatnya. Keceriaan mereka begitu alami, apa adanya tanpa pemanis buatan (manis dan tidak dibuat-buat).

Bayangkan adegan ini, seorang anak yang periang dan selalu tersenyum tanpa ragu-ragu naik ke atas meja. Lalu, tanpa malu-malu ia menyanyi lagu yang dihafalnya sambil menari dengan tingkah lucunya yang menggemaskan. Mungkin itu Cicak-cicak di Dinding, Balonku, atau Pelangi-pelangi atau lagu anak-anak yang liriknya sederhana. Namun demikian, polah tingkahnya yang spontan mampu memancarkan keceriaan dan kegembiraan ke lingkungan sekitarnya.

Kita juga terhibur melihat anak kecil yang tertawa spontan sedemikian lepas hanya karena disodori sebuah kertas ataupun mainan. Bahkan, untuk sebuah alasan yang sangat remeh, sang bocah telah memancarkan keceriaannya dengan tawa ngakaknya yang spontan … Masih ingat kan, video bayi terbahak-bahak di youtube ditonton oleh jutaan pengguna internet. Ada banyak sekali video bayi dan anak-anak kecil dengan keceriaannya diunggah untuk kemudian dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Ketika suntuk dengan pekerjaan yang bertumpuk, melihat video bayi yang tertawa sampai terbahak-bahak tersebut bias sangat membantu mengurangi stress… sambil berujar, dasar bayi gila, haha…Kadang kita berpikir, apa sih yang ada di pikiran si bayi itu, masak gitu aja ketawa ngakak? Yang pasti si bayi sedang berbahagia. Dan keceriaan yang dipancarkannya menular karena kita menjadi terhibur dan perasaan kita menjadi lebih baik karenanya. Secara medis, keceriaan dan tawa yang lepas memberikan banyak sekali dampak positif terutama untuk kesehatan. Di antaranya adalah mendatangkan kebahagiaan, membantu mengurangi rasa sakit, mengatasi ketakutan dan kecemasan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Konon kabarnya, tertawa dapat pula meningkatkan produksi hormon kesehatan yang berfungsi dalam pembentukan antibodi tubuh, nah, kan? Pada akhirnya, tertawa berkaitan juga dengan system kekebalan tubuh kita. So, alangkah indahnya kalau kita bisa menjalani hari-hari kita dengan keceriaan seorang anak kecil. Keceriaan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan teman-teman kita, juga orang-orang yang kita sayangi. Cheers!

Sigit Susigit

(sigitsuryanto_aja@yahoo.com)

This entry was posted in ComicalMagz-092011. Bookmark the permalink.

Leave a Reply