Keberhasilan

keberhasilan1 KeberhasilanKeberhasilan biasanya dilawankan dengan kegagalan. Keduanya pun berjarak sangat dekat, seperti halnya dua sisi kepingan mata uang. So, … tidak berhasil berarti gagal?

Barangkali temans sudah sering atau setidaknya pernah membaca artikel, tulisan, atau buku motivasi yang berbicara banyak mengenai keberhasilan. Artikel, buku, seminar, dan juga siaran di TV dan radio banyak mengambil tema ini.

Keberhasilan berkaitan erat dengan kerja keras, usaha yang terus-menerus secara konsisten, walaupun pada awalnya semua seperti tidak menampakkan hasil, seperti sebuah upaya yang sia-sia. Banyak di antara kita yang akhirnya berhenti melakukan sesuatu padahal ia sebenarnya sudah berjarak sangat dekat dengan keberhasilan. Kita memutuskan menyerah dan menghentikan langkah kita hanya beberapa meter dari garis akhir.

Banyak sekali tokoh dalam berbagai bidang di dunia yang sering dijadikan contoh konsistensi dari kerja keras. Keteguhan hati adalah kata kuncinya. Thomas Alva Edison, salah satu penemu (pencipta-inventor) dan Thomas Jefferson (presiden ke-3 AS dan salah satu pencetus Deklarasi Kemerdekaan Amerika) sering kali diacu karena upaya dan kerja keras mereka yang tetap teguh di tengah kegagalan demi kegagalan.

Keteguhan hati dan upaya yang terus-menerus membawa Edison pada keberhasilan menemukan bola lampu listrik dan banyak hal lain yang berguna bagi kehidupan. Thomas Jefferson akhirnya berhasil menduduki jabatan presiden setelah serangkaian kegagalan panjang. Tanpa itu semua, niscaya mereka sudah menyerah dan berpikir mereka tidak akan berhasil.

keberhasilan2 Keberhasilan

Seperti pernah ditulis di edisi sebelumnya, kegagalan terbesar adalah apabila kita tidak pernah mencoba. Takut mencoba karena takut gagal adalah kegagalan yang sesungguhnya. Sebagai penutup, lagi-lagi mengutip Thomas Jefferson: ”If you want something you’ve never had, you must be willing to do something you’ve never done“. Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah Anda miliki, Anda harus bersedia melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan. Semangatzzz….

This entry was posted in ComicalMagz-082011. Bookmark the permalink.

2 Responses to Keberhasilan

  1. kasamago says:

    nice…

Leave a Reply